Latest Articles

By / Jumat, 01 November 2019 / No comments

Membuat puisi dengan tutorial patah hati

patah hati


Pengertian Puisi Menurut Para Ahli – Puisi merupakan sebuah sastra yang indah. Bagi seseorang yang suka akan puisi, puisi bisa memberikan kenyamanan tersendiri baginya. Puisi juga bisa digunakan untuk mengungkapkan perasaan seseorang. Tidak hanya itu saja, puisi juga bisa digunakan untuk memberikan sebuah opini terhadap sesuatu. Banyak yang bisa digali dari sebuah puisi.

Salah satunya menurut Jason Stone. Pengertian puisi menurut Jason Stone adalah untuk mengekspresikan perasaan dan ide-ide dengan cepat dan mengesankan, untuk berbagi perasaan dan ide dengan sahabat, dan juga dengan mati dan dengan orang-orang yang datang setelah kami.

Sedangkan menurut Herman J. Waluyo. Puisi ialah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pemikiran serta perasaan penyair dengan imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan terfokus pada struktur fisik dan batinnya.

Adapun menurut Pengertian puisi menurut H.B Jassin. Puisi adalah perasaan yang di dalamnya mengandung pikiran-pikiran dan tanggapan-tanggapan.
Dan pengertian-pengertian lain juga masih sangat banyak menurut para ahli.

Tapi bisa digaris bawahi, bahwa puisi adalah ekspresi untuk mengungkapkan sebuah perasaan. Tak jarang orang-orang atau anak muda jaman sekarang mudah mengeluarkan sebuah ekspresi atau bisa disebut membuat puisi dengan sebegitu mudahnya.

Terbukti banyak akun-akun Instagram contohnya. Yang Menyediakan berbagai macam konten tentang tulisan sedih. Bahagia. Putus asa, semangat dan lain-lain.  yang terlihat bahwa anak muda jaman sekarang sangat ekspresif. Yang paling seru di antara banyaknya penyedia konten di atas adalah banyaknya tulisan puitis yang sangat mendominasi Instagram.

Sehingga puisi akan sangat mudah lahir tanpa ba bi bu lagi, dari sobat-sobat ambyar atau lebih dikenal dengan orang-orang yang sedang mengalami patah hati. Tak pelak semua orang terasa mampu membuat puisi dengan mudah tanpa belajar. Tanpa mengetahui dasar-dasar puisi itu sendiri.

Terlepas dari segala dasar atas terbentuknya sebuah puisi. Puisi tetaplah puisi. Media mengungkapkan segala perasaan atau ekspresi alamiah yang timbul. Termasuk rasa sedih akibat patah hati. Atas menjamurnya tulisan puitis yang tersebar di media sosial. Sehingga menjadikan patah hati adalah media termurah dalam penciptaan sebuah puisi. Media termudah dalam berkarya.

Meski patah hati adalah primadona dalam pembentukan puisi masa kini. Saya rasa, puisi akan selalu mengeluarkan sisi terbaik si penulis tersebut. Jadi tidak serta merta puisi yang tersebar di media sosial terlihat murahan, akibat menjamurnya tulisan puitis di ranah tersebut.

Sebab menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Pengertian puisi adalah gubahan dalam bahaya yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.

Begitu pun pengertian puisi menurut Wikipedia adalah sebuah seni tertulis. Jadi tidak ada larangan. Atau apa pun agar kita tidak produktif dalam menulis. Apalagi dalam mengungkapkan perasaan.

Meski di sisi lain. Akibat menjamurnya tulisan puitis di media sosial membentuk sebuah tren baru. Seperti kata senja, kopi, indie. Dan sebagaimana menjadi topik terpanas dalam beberapa tahun terakhir di media sosial. Sehingga menyebabkan aksi saling sindir dalam mencipta puisi. Tapi lambat laun semua termaklumi sesuai waktu berjalan. Dan kembali seperti semula. Bahwa patah hati adalah tutorial termudah dalam membuat puisi.

Demak, 1/11/2019.

Choimoza, panggil saja Moza penikmat musik, buku minuman hangat dan senyuman. Dapat bersua maya melalui: https://www.instagram.com/choimoza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow @memuisikan

About Me

Instagram

Sidebar Posts

Popular Posts

Category